Suzuki XL7, Medium SUV yang Tawarkan Fiturf Smart E-Mirror

Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi merilis Suzuki XL7 di tanah air pada beberapa bulan silam, mobil ini diberitahukan sebagai line-up dari mobil SUV Suzuki. Perilisan XL7 ini bersamaan waktunya pula dengan 50 tahun berdirinya Suzuki Indonesia.

Menariknya Suzuki XL7 ini dinyatakan masuk ke bagian Medium SUV yang dimana di kelas medium SUV terdapat nama-nama besar seperti Wuling Almaz, Hyundai Tucson, Mazda CX-5, dan juga Nissan X-Trail.

Ada 3 varian jenis dari mobil ini yakni XL7 Zeta, XL7 Beta dan XL7 Alpa buat jenis tertingginya. Nama-nama setiap varian ini dikatakan terilhami dari istilah buat sekumpulan serigala.

Mobil ini memakai platform yang tidak jauh berbeda dengan mobil family Suzuki Ertiga, yakni memakai sasis moderen yang dinamakan Heartect. Sebuah teknologi yang memungkinkan berat rangka mobil dapat lebih ringan kira-kira 10 persen dibandingkan sasis standar dengan dimensi yang sama.

Walaupun memakai platform seperti Ertiga, tetapi kendaraan roda ini dibekali 211 komponen yang berlainan dengan Ertiga. Sepintas bila ditilik dari samping mobil ini seperti Honda BR-V tetapi kesan sporty dan gagah kelihatan dari area muka mobil dengan disain grill, kap mesin, headlamp dan bumper yang kelihatan berotot.

Penampilan berotot dari disain mobil ini dikatakan Suzuki sebagai Muscular Design. Area belakang dari mobil ini masih mirip Ertiga, tetapi pada varian Alpha, pada area bumper dibekali dengan aksen garnish krom. Tidak hanya itu pada varian Alpha dan Beta pun sudah dibekali LED lamp pada area belakang.

Pada bidang interior, XL7 memakai paduan motif serat karbon dan disain setir yang flat bottom yang kebanyakan cuma ada pada mobil elegan jadi nilai plus untuk mobil berkapasitas 7 penumpang ini.

Dan yang paling spesifik dari Suzuki XL7 ini ialah hadirnya fitur Smart E-Mirror. Dimana anda dapat membuat kaca spion tengah sebagai Dash Cam buat merekam peristiwa pada area depan. Tidak hanya itu anda dapat memandang area belakang mobil tanpa butuh terhalang kepala penumpang sebab Smart E-Mirror ini tersambung dengan kamera belakang mobil.

Tetapi sayangnya Fitur Smart E-Mirror itu cuma ada pada type varian Alpha dan belum ada pada type Zeta dan Beta. Bagaimana elegan sekali bukan Suzuki XL7 ini?