Asus Zenfone 7 dan Zenfone 7 Pro, Spesifikasi dan Harga Terbaru, Tawarkan Sejumlah Peningkatan

Asus akhirnya kembali merilis produk baru suksesor jajaran Zenfone, yaitu Asus Zenfone 7 dan Asus Zenfone 7 Pro. Selaras dengan kabar angin sebelumnya, kedua ponsel ini tetap menggunakan disain kamera flip seperti pada seri sebelumnya. Tetapi ada pembeda yang lumayan kentara, yaitu penyisipan lensa zoom dan refresh rate layar 90Hz.

Asus Zenfone 7 adalah model paling tinggi dari seri Zenfone terkini ini. Varian ini muncul dengan chipset Snapdragon 865 Plus yang dibekali RAM berkapasitas 8GB dan memori internal sebesar 256GB dan pemakaian microSD sampai kapasitas 2TB. Pemakaian Snapdragon 865 menjadikan ponsel pintar ini telah menunjang koneksi ke jaringan 5G. Tetapi cuma frekuensi Sub 6GHz saja yang ditunjang. Varian ini tak dilengkapi dengan sokongan mmWave.

Layarnya memiliki ukuran 6,67 inci dengan panel OLED dan telah menunjang HDR10+. Disain kamera flip menjadikan bentuk layar bebas dari masalah notch ataupun punch hole. Karena, buat keperluan selfie, pemakai akan menggunakan modul kamera flip ini. Seri ini pun telah dilengkapi dengan refresh rate 90Hz, yang menjadi pengembangan dari seri sebelumnya.

Di bagian kamera, Zenfone 7 Pro muncul dengan 3 kamera. Tiap-tiap kamera membawa resolusi 64MP IMX686 kamera primer, 12MP ultra wide dan 8MP telefoto yang menunjang perbesaran optik sebanyak 3x. Di varian Pro ini, Asus menyodorkan ekstra stabilisasi OIS pada modul kamera primer dan telefotonya.

Asus pun kembali menawarkan daya tampung baterai gede yaitu 5000 mAh buat seri ini. Baterai ini telah ditunjang dengan teknologi fast charging 30W. Tetapi sokongan pengisian wireless absen di produk ini. Asus menyatakan perusahaannya lebih memilih menggunakan ruang buat daya tampung baterai besar dibanding mesti menyematkan hardware buat pengisian wireless. Seri ini pun tak dilengkapi dengan slot 3,5mm.

Spesifikasi Asus Zenfone 7

Secara umum, spesifikasi Asus Zenfone 7 nyaris sama dengan Zenfone 7 Pro. Di bagian layar, smartphone ini mempunyai spesifikasi yang sama benar dengan varian Pro-nya. Perbedaan di antara keduanya ada di bagian chipset dan kameranya.

Asus Zenfone 7 pun mempunyai disain kamera flip. Jumlah dan resolusi kameranya pun sama dengan yang terdapat di varian Pro. Perbedaannya, model standar ini tak mempunyai sokongan OIS di modul kamera primer dan telefotonya. Meskipun demikian, seri ini telah mempunyai sokongan EIS.

Tak seperti varian Pro, Zenfone 7 muncul dengan chipset Snapdragon 865. Kapasitas RAM-nya ada yang sebesar 6GB dan 8GB dengan memori internal seluas 128GB. Seri ini pun menunjang pemakaian microSD sampai daya muat 2TB.

Harga dan Kesiapan Produk

Asus Zenfone 7 dijual dengan harga mulai dari NT21,990 atau setara Rp11 jutaan, sedangkan Asus Zenfone 7 Pro dijual dengan harga lebih mahal, yaitu NT27,990 atau sekira Rp14 jutaan. Asus mengatakan kedua ponsel yang berjalan di atas OS Android 10 dibalut ZenUI 7 ini akan meluncur di Eropa pada permulaan September yang akan datang. Belum dikenali dengan pasti kapan smartphone ini akan hadir di negara yang lain.