Tips Diet Ampuh Bagi Wanita Usia 40 Tahun ke Atas

Orang yang tengah diet tak dapat memukul rata cara yang dijalaninya kepada orang lain. Apalagi bila umurnya berlainan dan keadaan kesehatan pribadi yang berlainan juga.

Wanita yang berumur 40 tahun umpamanya, butuh mempraktikkan cara diet yang tidak sama dengan wanita yang berumur lebih muda. Pasalnya, kandungan hormonal dalam tubuh, pembaharuan sel, metabolisme tubuh, dan keadaan fisiologis berlainan.

Dengan demikian, wanita berumur 40 tahun ke atas yang tengah menjalankan diet tidak hanya sekedar kurangi jumlah makan. Mereka pun mesti beraktifitas yang tak menyusahkan tetapi sekaligus ampuh mendukung program diet dan memilih santapan serta minuman yang dimakan. Lalu apa sajakah anjuran bagi wanita berusia 40 tahun ke atas yang tengah diet? Berikut ini paparannya seperti dikutip dari laman Your Tango.

Berjemur

Terkesan simpel, tetapi berjemur mempunyai manfaat yang berarti dalam proses pembuatan vitamin D. Pilihlah waktu berjemur yang pas, yaitu pada pagi hari kira-kira jam 07.00-10.00. Tidak harus menggunakan waktu yang lama, cukup 15-20 menit saja dan pastikanlah sebagian kulit dari depan atau belakang tubuh langsung terkena sinar matahari pagi.

Mengkonsumsi santapan sehat

Tiap-tiap wanita telah mengetahui isyarat penuaan di umur 30-an. Salah satu tanda penuaan yang sangat biasa ialah penyusutan pembentukan hormon estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini amat utama dalam menjaga massa otot tanpa lemak dan ukuran tubuh yang diingini.

Karena itu, bantu seimbangkan pembuatan hormon dengan konsumsi santapan sehat. Pilih sayur dan buah dan sumber protein yang pas. Sayur-mayur berwarna, seperti selada, bayam merah, bayam hijau,  dan buah-buahan, seperti kacang-kacangan, kelapa, zaitun, dan avokad dapat jadi alternative paling baik.

Cukup tidur

Tidak boleh menyepelekan manfaat tidur. Tidur menjadikan seluruh sel-sel dalam tubuh melakukan regenerasi dan mendukung metabolisme tubuh. Seluruh letih dan lelah lenyap sehigga kesehatan mental tetap terpelihara. Alhasil, buatlah tidur yang bernilai. Kiatnya, tidur di kamar yang redup, jauhkan peralatan elektronik, jauhi mengkonumsi kafein sebelum tidur, dan perbanyak kenyamanan tidur menurut kesukaan.

Hindari karbohidrat sederhana

Usahakan tubuh membakar kalori dari lemak, tidak dari gula maupun karbohidrat sederhana. Dengan demikian, utamakan konsumsi energi dari protein sehingga kandungan insulin dalam darah selalu terpelihara. Insulin merupakan hormon yang memungkinkan sel tubuh meresap glukosa maupun gula dalam darah guna memproduksi energi.

Cara paling baik buat menghindari badan menyimpan kelebihan gula ialah dengan kurangi mengkonsumsi karbohidrat sederhana dan santapan yang memiliki kandungan gula ekstra. Alhasil, kenali dahulu berapa keperluan karbohidrat setiap hari lantaran berlainan bagi tiap-tiap orang.

Mempertahankan setrum tubuh

Mitokondria merupakan pembangkit energi listrik kecil di dalam sel kita yang menciptakan tenaga/energi. Sama seperti pembentukan hormon yang menyusut di kira-kira umur 30, demikian juga efisiensi mitokondria. Guna mempertahankan setrum di tubuh, senantiasa mengonsumsi asupan sehat, tidur memadai, giat berolah raga, dan kelola stress.

Menghindari peradangan

Gula jadi salah satu konsumsi santapan yang merangsang dan memperparah keadaan peradangan pada tubuh. Karena itu, cegah dengan kurangi konsumsi gula maupun karbohidrat sederhana tadi dan ubah dengan nutrisi yang lebih sehat.

Berdenyut

Tidak boleh diamkan tubuh berleha-leha. Tetap melaksanakan kegiatan fisik dengan berolah raga secara teratur. Pilih gerakan yang cocok dengan keadaan tubuh, seperti berat badan dan tidak boleh memaksakan diri. Yang utama berolah raga dengan cara tertib dan tidak boleh sangsi menantang diri dengan terukur.