Xiaomi Redmi 9C, Ponsel Kelas Entry Level Usung Baterai Kapasitas Besar

Xiaomi belum lama ini telah merilis HP teranyar mereka di Indonesia dengan julukan Redmi 9C. Nyaris tidak nampak bila HP yang berbobot 196 gr ini masuk ke dalam kelas entry-level. Namun sesudah anda menilik kalau port pengisian baterai Redmi 9C masih memakai micro-USB, barulah terasa kesan entry-level pada HP ini.

Port pengisian daya yang juga berperan sebagai transfer data ada di bagian bawah HP. Ia ada berbarengan dengan mikrofon dan speaker. Speaker ini ada di bagian bawah area kanan, ini lumayan menguntungkan saat anda bermain permainan berorientasi lanskap lantaran menjauhinya tertutup dengan telapak tangan. Sementara itu port jack audio 3,5mm terdapat di area atas. Yup, lantaran port audio ini terlampau di pinggir, kemungkinan akan menganggu tangan sebelah kiri saat bermain game pada orientasi lanskap.

Baik tombol volume ataupun tombol daya keduanya terdapat di bagian sebelah kanan HP. Sebaliknya di bagian sebelah kiri terdapat tray buat penyimpanan kartu SIM dan kartu microSD. Semua SIM 1, SIM 2, dan microSD mempunyai slot sendiri-sendiri. Ini barangkali menguntungkan untuk beberapa orang yang memakai 2 kartu SIM dan hendak meningkatkan daya tampung penyimpanan.

Area belakang Redmi 9C dibuat dari dari bahan plastik. Namun Xaiomi bisa mensiasatinya supaya tidak terlampau nampak seperti HP kelas bawah. Lantaran, disain di area belakangnya ada garis-garis melengkung sehingga tidak terlampau polos. Pola garis itu pun sedikit terasa saat anda menyentuhnya.

Sensor sidik jari terdapat di area belakang, dan gampang dicapai memakai jari telunjuk. Kamera belakang Redmi 9C dibekali dengan 3 kamera, namun Xiaomi memebuatnya di dalam suatu modul kotak yang seakan-akan nampak 4 kamera. Ini lantaran ketiga kamera tersebut disatukan bersama lampu LED flash ke dalam modul.

Modul kamera belakang Redmi 9C tidak terlampau mencolok. Ini disebabkan kamera belakang HP ini tidak ada yang memakai focal length yang panjang. Ketiga kamera itu meliputi kamera primer yang memiliki resolusi 13 MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan paling akhir kamera depth sensor (f/2.4).

Sementara itu kamera depan mempunyai resolusi 5 MP (f/2.2) yang ada di dalam notch jenis dot drop di atas layar. Layarnya sendiri mempunyai dimensi 6,53 inci dengan resolusi 720 x 1.600 piksel. Resolusi layar ini memang tidak terlampau besar, namun konten yang terdapat pada layar tetap nampak lembut tanpa tepian bergerigi. Ikon-ikon pada posnel juga lumayan nampak jelas.

Prosesor yang dipakai di dalam HP ini ialah mediatek Helio G35. Sementara itu sistem operasinya memakai Android 10 bersama antarmuka MIUI 12. Redmi 9C dibekali dengan daya tampung baterai sebesar 5.000 mAh. Secara teori, daya muat ini semestinya memberikan daya tahan baterai yang amat irit.