6 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Akibat Pemakaian Pil KB

Timbulnya flek hitam di wajah salah satu efek samping pemakaian kontrasepsi dengan metode pil ataupun suntik. Flek hitam dapat timbul ketika kulit membuat terlampau banyak melanin, yakni zat pewarna di kulit.

Kenaikan pembuatan zat ini berhubungan erat dengan kehadiran hormon estrogen dan progesteron, 2 hormon yang menjadi materi dasar pokok dari pil KB atau suntik KB.

Kedua hormon itu pun dapat dibuat secara alami oleh tubuh dan umumnya bertambah ketika saat kehamilan. Itulah alasannya, flek coklat kehitaman pun kerap timbul pada ibu hamil. Tetapi tidak boleh cemas, ada beberapa cara alami buat tangani flek hitam. Ayo, kita telusuri.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan aloin, senyawa alami yang telah terbukti dapat membantu menanggulangi hiperpigmentasi di kulit. Untuk memakai lidah buaya selaku penghilang flek hitam, lumurkan gel lidah buaya alami ke bagian kulit yang terkena flek sebelum tidur. Mencuci muka memakai air hangat besok paginya. Ulangi tiap-tiap hari sampai warna kulit kian menyeluruh.

Teh hitam

Guna memanfaatkan teh hitam selaku langkah alami melenyapkan flek hitam di muka, seduh daun teh hitam dengan air panas. Biarkan sepanjang 2 jam kemudian saring. Celupkan gulungan kapas kecil ke air teh hitam yang telah dingin itu. Lumurkan ke bagian muka yang menderita flek hitam 2 kali sehari. Kerjakan 6 hari satu minggu sepanjang 4 pekan.

Susu

Susu bisa melenyapkan flek hitam sebab senyawa asam laktat yang dimilikinya. Langkahnya, celupkan gulungan kapas ke susu. Lumurkan kapas itu 2 kali sehari ke bagian kulit yang flek. Ulangi tiap-tiap hari sampai flek berkurang.

Bawang merah

Bawang merah jenis Allium cepa diduga baik bagi menanggulangi flek hitam akibat pemakaian KB. Ekstrak bawang merah yang diperoleh dari kulit bawang merah kering kerap kali merupakan kombinasi krim penerang kulit.

Walaupun demikian, harus diingat kalau pemakaian bawang merah untuk mencerahkan warna kulit ini dikerjakan sesudah tanaman itu dibuat dengan langkah khusus. Alhasil, anda tidak dianjurkan buat meletakkan langsung bawang merah ke kulit sebab berpeluang mengakibatkan perangsangan.

Buah delima

Buah delima memiliki kandungan asam ellagic, sejenis antioksidan yang diduga sanggup mengusir flek hitam di muka, tergolong akibat pemakaian KB. Kandungan itu beroperasi dengan langkah membatasi kerja enzim tyrosinase, ialah enzim yang berfungsi utama dalam pembuatan pigmen.

Guna merasai manfaat buah delima dalam melenyapkan flek hitam, anda bisa mengoleskan esktraknya ke area muka yang dilakukan secara teratur.

Bunga anggrek

Saripati bunga anggrek diduga sama efisiennya dengan vitamin C buat membuyarkan flek hitam. Mengoleskan ekstrak bunga anggrek ke kulit sepanjang 8 pekan secara teratur diyakini dapat membuyarkan flek hitam dan menyempitkan dimensi flek.