Tanayu Rilis Single Baru Meditate yang Mencerminkan Diri Manusia di Masa Sulit

Solois Tanayu belum lama ini mengeluarkan single berjudul ‘Meditate’. Lagu ini jadi cermin diri orang-orang di tengah keadaan yang cukup sulit.

Tanayu mengutarakan jika single barunya ini adalah penerimaan dan perdamaian dengan waktu dan keadaan yang dilewati. Seluruh kalimat afirmasi baik pada diri sendiri yang moga-moga dapat terus menerus terngiang di kepala sebagai mantra pengingat tiap-tiap kali kita memerlukannya.

Lantaran acapkali kita repot memburu masa depan sampai lalai menghargai diri sendiri dan apa saja yang sudah kita punyai sampai hari ini.

Kadang kita merasa terjepit oleh waktu. Jadi kadangkala suka terlampau keras menilai diri kita sendiri. Ataupun kadangkala jika sedang lengah, mendiamkan pendapat menyakitkan dari luar didiamkan masuk dan melukai perasaan sendiri. Tanayu berharap moga-moga karya dibuatnya dapat menjadi bagian dari afirmasi baik untuk menghargai diri sendiri.

Secara musikal, lagu berdurasi 4 menit ini menampilkan balutan musik elektronik yang pekat. Tetapi, tema musiknya seolah terbentuk oleh sentuhan instrumen keyboard. Ketegasan pemilihan nada seakan jadi pagar untuk vokal Tanayu yang terdengar lepas dan demikian eksploratif.

Meskipun warna musiknya termasuk relatif kontras dibandingkan single yang pula baru saja diluncurkannya, yakni ‘Beautiful’, tetapi ke-khasan vokal Tanayu masih sangat terasa. Cuma perbedaannya, irama musik yang ditampilkan lebih cepat pada lagu ini terdengar lebih cocok dengan karakter vokal Tanayu.

Tidak cuma dinikmati dalam wujud audio, ‘Meditate’ pun akan muncul dalam bentuk video klip. Konon, video klip untuk lagu ini akan diluncurkan satu minggu sesudah peluncuran lagu ini. Maksudnya, pada Jum’at 25 September 2020 yang akan datang, video klip ini akan tayang. Lantaran keterbatasan sepanjang waktu pembatasan sosial, Tanayu memilih untuk menyutradarai sendiri video klipnya dengan mengikutsertakan suaminya, Olat Djanuismadi sebagai Director of Photograph (DOP).

Video ini termotivasi dari karakter Biksu yang tengah melakukan meditasi. Memadukan pose-pose meditasi dengan tarian kontemporer sebagai cerminan proses spiritual yang dilewati untuk meraih kedamaian lahir dan batin. Sebelum proses produksi video musik untuk lagu ‘Meditate’ berjalan, Tanayu melaksanakan tahap latihan jarak jauh dengan seorang penata tari kontemporer yang berdiam di Belanda, yakni Andara Moeis.

Kini single ‘Meditate’ milik Tanayu sudah tersaji di beragam platform digital.