3 Cara Membersihkan Masker Menurut Jenisnya

Masker jadi benda wajib yang penting kita gunakan ketika keluar rumah untuk menghalang debu ataupun virus membahayakan. Bila seseorang meraba masker yang tercemar, setelah itu memegang mulut ataupun hidung, bisa memiliki potensi terserang peradangan. Oleh sebab itu, masker mesti selalu dalam kondisi bersih dan steril. Tetapi, cara membersihkan masker penting dicamkan dengan baik.

Pasalnya, tiap-tiap jenisnya mempunyai cara yang berlainan ketika membersihkannya. Supaya tak merusak bahan masker dan menjaga manfaatnya. Ayo ikuti cara membersihkan masker wajah menurut jenisnya seperti berikut ini.

  1. Masker medis

Masker medis seperti masker N95, sebetulnya didesain buat sekali pakai saja. Jadi, sehabis digunakan anda mesti lekas membuangnya dan jauhi pemakaian dengan berulang, ya. Tetapi, untuk melepasnya tak dapat dikerjakan dengan asal-asalan.

Sesudah menggunakannya, buang masker dengan mengeluarkan tali earloop atau tali yang ada di area telinga, setelah itu barulang buang ke tempat sampah. Jauhi memegang area muka masker, ya. Lantaran pada area itu condong lebih gampang tercemar. Masker medis hendaknya diganti tiap-tiap 4 jam sekali. Tetapi, bila masker masker kotor, sobek sampai basah, anda mesti segara menukarnya.

  1. Masker Kain

Di permulaan saat pandemi, masker medis pernah langka. Andaikan ada, harganya juga amat tinggi sehingga, pemerintah menganjurkan kita untuk memakai masker kain. Berlainan dengan masker medis, masker dengan bahan kain ini dapat anda pakai berulang kali. Tetapi sesudah dipakai, masker mesti dibersihkan sampai betul-betul bersih. Lalu, bagaimanakah cara membersihkan masker kain?

Mudah sekali! Pertama-tama anda mesti mencuci tangan terlebih dulu. Setelah itu tanggalkan masker dengan waspada supaya tak memegang mata, hidung, ataupun mulut. Barulah masukkan masker ke mesin cuci dan setelahnya segera mencuci tangan kembali. Untuk mencucinya amat dianjurkan memakai deterjen biasa dengan pemutih dan air hangat menurut jenis kain khusus. Sesudah dibersihkan, lekas keringkan masker di bawah cahaya matahari.

  1. Face Shield

Berlainan dengan masker kebanyakan, face shield mempunyai area yang terbuka di samping, sehingga kurang ampuh dalam menyajikan proteksi. Tetapi, face shield dapat menyuguhkan proteksi mata dengan ampuh. Cara membersihkannya ialah dengan membersihkan area dalam terlebih dulu memakai kain bersih yang dibasahi dengan larutan deterjen netral ataupun serbet pembersih. Lantas cuci area luar dengan serbet disinfektan dan alkohol untuk mengeluarkan residu.

Alhasil, demikianlah cara membersihkan masker menurut jenisnya. Pada intinya, cuma masker kain saja yang bisa dicuci dan dipakai secara berulang. Untuk masker medis, tak didesain untuk dipakai lagi dan mesti lekas dibuang ke tempat sampah. Kecuali bisa menanganinya dengan mempunyai akses ke alat-alat yang cocok mendisinfeksi. Sementara itu face shield penting terutama untuk yang tak mengenakan kacamata guna proteksi ekstra.