5 Kawasan Taman Laut Indah yang Ada di Indonesia

Menikmati keindahan laut memang tidak bakal ada habisnya. Memandang laut yang indah pun dapat jadi obat stress yang sangat jitu, makanya banyak sekali orang-orang yang milih laut dan pantai sebagai objek mereka liburan. Salah satu yang dapat dinikmati keindahannya saat tiba di laut ialah keelokan bawah lautnya.

Tidak sedikit kawasan laut di Indonesia yang nyatanya mempunyai panorama taman laut yang amat mengagumkan. Anda yang mau menikmati keelokan itu dapat mulai dengan snorkeling atau diving. Kelak anda dapat menemui berbagai jenis ikan yang warna-warni dan indah serta gugusan terumbu karang yang terhampar di bawah laut. Ingin tahu kawasan laut di Indonesia mana sajakah yang mempunyai taman laut yang indah?

Taman Laut Wakatobi

Wakatobi adalah kepulauan yang ada di sebelah Tenggara pulau Sulawesi. Julukan kepulauan ini diambil dari singkatan nama-nama 4 pulau utama ialah Wangi-wangi, Kaledupa, Tomiang, dan Binongko. Wakatobi ditetapkan menjadi kawasan taman nasional pada 1996 lalu dengan luas keseluruhan 1,39 juta hektar. Wakatobi memiliki keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karangnya menduduki salah satu pengutamaan sangat tinggi atas konservasi laut di indonesia. Daya tarik bawah laut Wakatobi adalah salah satu yang paling baik di dunia.

Taman Laut Kepulauan Togean

Taman Laut Kepulauan Togean merupakan area dari Taman Nasional Kepulauan Togean yang ada di Teluk Tomini Sulawesi Tengah. Di sini diperkirakan mempunyai terumbu karang seluas 132.000 hektar yang terdiri dari sekitar 262 jenis dan jadi habitat buat kira-kira 596 jenis ikan, 555 jenis moluska, sejumlah hewan langka seperti paus pilot, penyu sisik, penyu hijau, dan kima raksasa.

Taman Laut Takabonerate

Taman Laut Takabonerate termasuk pun dalam Taman Nasional Takabonerate, Sulawesi Selatan. Laut Takabonerate diakui sebagai daerah atol paling besar ketiga di dunia setelah Kwajifein (Kepulauan Marshall) dan Suvadiva (Kepulauan Maladewa). Luas seluruh atol ini yakni 220.000 hektar dengan sebaran terumbu karang meraih 500 km² dengan 261 jenis terumbu karang.

Taman Laut Pulau Menjangan, Bali

Laut Pulau Menjangan patut menjadi sebagai taman laut paling indah. Pulau yang termasuk  dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat ini memiliki laut berair bening dengan jarak pandang meraih 20-an meter. Lokasi-lokasi diving di sini antara lain Garden Eeel, Anker Wreck, Tenple Slopes, Bat Caves, Cave Point, Pos Pertama dan Pos Kedua.

Taman Laut Pulau Rubiah

Pulau Rubiah ada di Kota Sabang, Aceh ataupun tepatnya di Barat Laut Pulau Weh. Pulau Rubiah yang memiliki luas 2600 hektar ini ialah benteng pertahanan pasukan Belanda dan Jepang pada waktu Perang Dunia II.

Arus di Laut Rubiah ini cukup tenang dan amat bening. Taman laut ini merupakan habitat buat bermacam jenis kerang raksasa, terumbu karang, ikan tropis, dan biota laut yang lain.