6 Objek Wisata Api Abadi yang Ada di Indonesia

Beberapa waktu silam, salah satu api abadi yang terdapat di Indonesia, yaitu Api Abadi Mrapen padam. Api itu jadi fenomena alam yang timbul dari dalam bumi karena muatan gampang terbakar, seperti gas alam dan batu bara. Tetapi, tahukah anda, nyatanya Indonesia mempunyai sejumlah objek wisata api abadi.

Berikut 6 objek wisata untuk menyaksikan api abadi di Indonesia:

  1. Api Abadi Mrapen

Objek wisata api abadi ini ada di Kabupaten Grobogan (Jawa Tengah), tepatnya di Desa Manggramas Kecamatan Godong, sudah bertahun-tahun api itu belum pernah dipadamkan sekalipun hujan angin. Tetapi, beberapa minggu belakangan ini diberitakan api itu padam. Karena pandemi Covid-19, tempat wisata ini tutup.

  1. Api Abadi Bekucuk

Api ini pertamakalinya ditemui di Desa Tempuran Kecamatan Soko Kabupaten Mojokerto (Jawa Timur), tepatnya di Dusun Bekucuk pada tahun 1993 lalu. Kabarnya, api itu diduga sudah ada semenjak ratusan tahun yang silam, malahan mulai dari zaman Kerajaan Majapahit. Semenjak 1993, api abadi Bekucuk telah jadi objek wisata sampai sekarang.

  1. Api Abadi Kayangan

Masih terletak di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Bojonegoro, anda dapat menemui objek wisata api abadi. Disana ada fenomena geologi alam berbentuk keluarnya gas alam yang berasal dari dalam tanah. Fenomena ini diberi julukan kayangan api atau api yang abadi. Malahan, api itu pernah dipakai buat menyalakan api obor Pekan Olah Raga Nasional (PON) XV pada tahun 2000. Api itu telah muncul semenjak zaman kekuasaan Kerajaan Majapahit.

  1. Api Abadi Sungai Siring

Jika anda bertandang ke Samarinda, Kalimantan Timur, tidak boleh abai mengunjungi ke objek wisata api abadi Sungai Siring. Tempatnya ada di Dusun Bambu Kuning. Api abadi ini kabarnya pula pernah dipakai untuk sumber nyala api obor Pekan Olah Raga Nasional (PON) XVII pada tahun 2008.

  1. Api Tak Kunjung Padam

Tempatnya ada di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Api yang satu ini amat khusus. Tidak hanya semburan apinya yang tak pernah padam, nyatanya api ini pun tak mati walaupun diguyur hujan deras sekalipun. Keajaiban api abadi ini telah amat populer, terutama untuk orang-orang Madura.

  1. Api Biru Kawah Ijen

Berlainan dari api abadi yang sudah disebutkan di atas, api abadi di Kawah Ijen mempunyai warna biru atau yang pula terkenal dengan istilah fenomena blue fire. Blue fire  adalah sebuah fenomena alam yang cuma dapat ditemui di 2 lokasi di dunia, yakni Indonesia dan Islandia. Yup, penting dikenali, blue fire sendiri nyatanya adalah respons gas bumi ketika ketemu oksigen pada tingkatan khusus. Akibat dari respons ini nampak seperti api yang memiliki warna biru. Akibat keindahannya, Gunung Ijen jadi salah satu tempat tujuan wisata yang terus-menerus didatangi oleh turis, baik dalam ataupun luar negeri.