ASUS Vivobook M409DA Janjikan Performa Mantap dengan Harga Ekonomis

Sekarang laptop dengan harga cukup murah telah mempunyai tampilan, spesifikasi dan fitur yang amat mumpuni. Salah satunya adalah Asus Vivobook M409DA. Laptop ini mengusung layar berukuran14 inci, dibekali prosesor AMD Athlon Gold 3150U dikombinasikan dengan kartu grafis AMD Radeon serta disokong RAM berkapasitas 8GB dan ruang penyimpanan berupa SSD seluas 512GB.

Website resmi Asus memberi informasi jika laptop dengan spesifikasi AMD Athlon Gold 3150U, RAM berkapasitas 4GB, ruang penyimpanan sebesar 512GB dan OS Windows 10 Home ini dibanderol dengan harga Rp6.099.000.

Desain dan Bodi

Disain adalah salah satu aspek yang memikat dari laptop ini sehingga anda tak akan menduga jika laptop ini mempunyai harga amat terjangkau. Rancang bangunnya amat serupa dengan Vivobook Flip 14.

Laptop ini ringkas dan ringan dengan tebal cuma 2,3 cm dan bobot 1,6 kg. Jadi tak merepotkan guna dibawa beraktivitas. Layar Asus Vivobook M409DA ini ialah layar LED-backlit beresolusi HD (1366 x 768 piksel) yang menunjang refresh rate 60hz. Penting anda ketahui, layar ini bukanlah layar sentuh. Jadi laptop ini benar-benar laptop standar.

Secara keseluruhan layar laptop ini menyajikan bentuk yang baik, cukup tajam dan bening. Bingkai layar yang cukup tipis dengan nanoedge display membuat layar nampak lebih lega walaupun dimensi laptop ringkas.

Keyboard dan Touchpad

Asus Vivobook M409DA mempunyai keyboard QWERTY chiclet dengan layout standar yang mirip Vivobook Flip 14. Tak terdapat lampu backlit di keyboard ini. Sementara itu, touchpad laptop ini lumayan responsif, baik dengan 2 jari, 3 jari, maupun 4 jari. Ukurannya pun lumayan besar sehingga enak buat digunakan.

Webcam

Asus Vivobook M409DA mempunyai kamera bermutu VGA. Lumayan mencukupi untuk melakukan video call dengan Zoom, gambar yang timbul lumayan jelas meski masih terdapat noise. Khususnya jika keadaannya low-light.

Audio

Pada sisi audio,  laptop ini pantas diacungi jempol. Teknologi sonicmaster dari asus yang mencampurkan pengolahan digital, speaker, dan ruang resonansi berhasil menghasilkan suara bermutu.

Performa

Asus Vivobook M409DA memakai prosesor AMD Athlon Gold 3150U dengan RAM 8GB. Prosesornya memang terbilang low-end dengan kartu grafis bawaan. Namun prosesor AMD Athlon Gold 3150U ini dapat bertanding dengan Intel Core i3-10100T gen-10. Kehadiran RAM 8GB dan penyimpanan berjenis SSD amat mendukung.

Baterai lithium-ion yang terdapat di laptop ini menawarkan penggunaan daya selama kira-kira 8 jam. Menurut teori, rentang waktu itu telah amat mencukupi untuk bekerja.

Fitur dan kelengkapan lain

Laptop Asus Vivobook M409DA ini mempunyai sensor sidik jari di sudut atas touchpad. Terdapat USB 3.0 Tipe C, USB 3.0 Tipe A, USB 2.0, HDMI, dan audio 3,5mm. Guna konektivitasnya, terdapat sokongan Wi-Fi 5 dan bluetooth 4.2. Tidak hanya itu terdapat juga microSD card reader. Seluruh kelengkapan ini ternyata mempermudah penggunaan setiap hari.

Jadi tak telalu mengejutkan sesungguhnya jika penampilan laptop ini amat dapat anda andalkan guna aktivitas setiap hari. Baik browsing dengan banyak tab, mengetik (baik dengan aplikasi di laptop ataupun dengan online), sunting photo ringan, melaksanakan video call, dll. Demikian juga buat multitasking, umpamanya mengetik sembari video call, maupun mengetik dan browsing sembari video call. Semuanya lancar.

Nah, jika anda mencari laptop yang fungsional dengan harga terjangkau, Asus Vivobook M409DA harus anda pertimbangkan.