Acer Swift 3 Usung Prosesor Ryzen 5 4500U dengan Dimensi Tipis yang Indah

Seri Swift dari Acer memang mempunyai body yang lumayan langsing. Tetapi, yang anyar kali ini ialah pemakaian prosesornya yang berbeda dari lini sebelumnya. Kini kita telah kedatangan laptop Acer Swift 3 yang memakai prosesor Ryzen 5 4500u. Prosesor yang satu ini pun belum lama dirilis pada tahun 2020.

Nama komplit dari laptop tipis ini ialah Acer Swift 3 SF314-42. Dengan mempunyai body yang tipis, laptop ini pun mempunyai bobot yang ringan. Pastinya, dengan 1,2 kilogram saja tak akan menjadikan punggung si pemilik kesakitan. Ukuran yang diusung pun lebih langsing ketimbang dengan laptop 14 inci yang terdapat di pasaran.

Hal yang relatif menggoda ialah janji dari Acer pada Swift 3 versi AMD ini. Acer mengiming-imingi kekuatan baterai yang lama sekali, yakni 10 jam. Hal ini salah satunya dapat dicapai berkat keperluan daya dari AMD Ryzen 5 4500u yang lumayan kecil, yakni dengan TDP 15 watt saja.

Adapun spesifikasi yang dimiliki Acer Swift 3 ialah sebagai berikut:

  • Prosesor : AMD Ryzen 5 4500U 6 core 2,3 GHz Turbo 4 GHz
  • GPU : AMD Radeon Graphics (6 core) 1,5 GHz
  • RAM : 8 GB LPDDR4
  • Storage : 512 GB
  • Layar : IPS 14 inci 1920 × 1080 piksel
  • Konektivitas : WiFi 802.11 ax (WiFi 6)
  • Berat : 1,2 kg
  • Sistem Operasi : Windows 10 64 Bit
  • Dimensi : 323 x 218 x 15.95 mm
  • Baterai : 3 cell 48 Wh

Disain

Body yang kuat dari Acer Swift 3 terlihat sejak dikeluarkannya dari kotak paket penjualan. Hal itu diakibatkan oleh bahan aluminium yang dipakai pada laptop tipis ini. Corak perak yang dipakai pun melukiskan bahan pokok yang dipakai untuk casing-nya.

Layar yang dipakai pada Acer Swift 3 memakai model IPS. Resolusi dari layar itu ialah 1920×1080 piksel dengan dimensi 14 inci. Berkat bingkai yang tipis, menjadikan dimensi dari Swift 3 jadi seperti laptop dengan layar 13,3 inci. Layarnya sendiri amat nyaman dipergunakan untuk melihat video dengan resolusi full HD.

Keyboard yang dipakai pada Acer Swift 3 lumayan nyaman untuk dipakai. Keyboard ini sendiri pun telah mempunyai LED backlight yang amat mendukung ketika mengetik di ruang dengan cahaya yang minim. Touchpad yang terdapat pada area bawah keyboard-nya pun nyaman dan responsive kala dipakai.

Pada bagian kanannya akan ditemui suatu port audio 3,5 mm, USB 2., LED penanda, dan Kenshington lock. Pada bagian kirinya ditemui port untuk mengisi daya, USB-C, HDMI, dan USB 3.2. Tak ditemui hadirnya reader untuk microSD pada laptop ini sehingga pemakai mesti membelinya dengan cara terpisah.

Acer Swift 3 memakai prosesor AMD Ryzen 5 4500U yang belum lama dirilis pada tahun 2020 ini. Dengan kecepatan 2,3 GHz, prosesor 6 inti dan 6 thread ini dapat bekerja di kecepatan 4 GHz dalam keadaan spesifik. TDP-nya sendiri di-rating pada 15 watt. Bersama proses pabrikasi 7 nm pun menjadikannya tak menimbulkan panas yang berlebih.

AMD Ryzen 5 4500U sendiri memakai GPU menyatu yang sekarang disebut selaku AMD Radeon Graphics. Dengan memakai 6 core, GPU ini pun terkenal bernama Vega 6. GPU menyatu ini nyatanya pula mempunyai kemampuan yang lumayan untuk memainkan game-game yang ringan seperti Valoran dan CS: GO.

Bila digunakan buat bekerja, maka laptop ini telah tak perlu disangsikan lagi. Aplikasi office dan editing seperti Microsoft Office dan Adobe Photoshop memerlukan hardware acceleration dari kartu grafis. AMD Radeon Graphics yang mempunyai clock 1,5 GHz ini pasti telah lebih dari lumayan dalam mendukung tingkatkan kemampuan dari software-software itu.

RAM yang dipakai pada laptop ini ialah LPDDR4 berkapasitas 8 GB. Bila kita tilik dari deteksi CPU-Z, Acer Swift 3 telah memakai mode Dual Channel. Sayangnya, daya tampung RAM pada laptop ini telah tak dapat ditambahkan lagi. Alhasil bila menghendaki kemampuan yang lebih besar, Anda mesti berdiskusi dulu dengan Acer apakah mengadakan model lain dengan RAM lebih besar.

Hasilnya, untuk nonton video, laptop yang satu ini nyatanya dapat bertahan selama 11 jam 30 menit. Pastinya  waktu yang dipakai dalam memakai Office ringan, hasilnya dapat menjadi lebih lama. Namun bila dipakai untuk melaksanakan rendering video dan bermain permainan, kayaknya akan lebih mudah habis.