7 Panduan Penggunaan Kulkas Irit Listrik

Bagaimana sih caranya supaya penggunaan kulkas irit listrik, walaupun bekerja sepanjang 24 jam penuh sehari-harinya? Hal ini memang nampak tidak mungkin terjadi, tetapi nyatanya ada caranya untuk menjadikan kulkas makin irit.

Anda perlu menyesuaikan sejumlah hal ini supaya tagihan listik bulanan tak membesar karena pemakaian kulkas. Mengutip dari beragam sumber, berikut sejumlah panduan supaya kulkas makin irit listrik:

  1. Selalu Tutup Pintu Kulkas dengan Rapat

Kebanyakan penggunaan listrik kulkas dipergunakan mempertahankan suhu kulkas supaya tetap dingin. Penggunaan listrik bakalan kian besar saat ada kebocoran udara yang menganggu suhunya.

Kebocoran udaranya itu umumnya ada pada celah pintu yang tak tertutup rapat. Dari celah pintu itulah udara hangat dari luar akhirnya bisa masuk ke dalam kulkas. Sehingga kulkas memerlukan lebih banyak listrik untuk mencegah udara hangat itu. Oleh sebab itu, jika anda ingin kulkas irit listrik, senantiasa pastikan pintu kulkas telah tertutup dengan rapat.

  1. Beri Jarak Antara Kulkas dengan Tembok dan Seputarnya

Umumnya penyebab kulkas boros listrik ialah tak tersedianya jarak antara tembok dengan kulkas. Bila anda kepingin kulkas irit listrik, maka berilah jarak sedikitnya 10-15 centimeter dengan tembok dan kira-kira 30 centimeter dengan langit-langit.

  1. Tidak Boleh Masukkan Makanan Hangat

Tidak boleh memasukkan makanan hangat ataupun panas ke dalamnya. Lantaran, makanan hangat ataupun panas yang masuk ke dalam kulkas bisa menjadikan temperatur area dalam turut meningkat. Maka akan menjadikan lemari pendingan memerlukan daya ekstra untuk memulihkan temperatur. Jadi, sebelum memasukkan makanan ke dalam kulkas, sebaiknya menanti hingga makanan itu pada temperatur wajar.

  1. Gunakanlah Kulkas Menurut Kapasitasnya

Supaya kulkas irit listrik, pakailah lemari pendingin itu selaras dengan kapasitasnya. Lantaran saat memasukkan makanan ke dalamnya, tetapi melebihi daya tampung, tanpa anda sadari hal ini cuma akan menjadikan penggunaan listrik makin boros.

  1. Atur suhu Kulkas dengan Cara Teratur

Biasanya kulkas telah dibekali dengan pengatur suhu untuk mengatur temperatur. Nyatanya mengatur suhu temperatur dengan cara teratur bakal memengaruhi penggunaan listrik. Langkahnya, pastikan suhu temperatur tak terlampau dingin ataupun panas. Bila terlampau dingin, maka kulkas bakal memerlukan listrik makin banyak. Sebaliknya jika terlampau panas, bahan makanan yang anda simpan jadi makin gampang basi.

  1. Bersihkan Kulkas dengan Cara Teratur

Membersihkan kulkas dengan cara teratur jadi salah satu cara mengirit listrik kulkas. Lantaran kulkas merupakan barang yang mudah terkena kotor, maka anda mesti membersihkannya dengan cara teratur. Disamping bisa mengirit listrik, kulkas yang bersih bakal terlepas dari sarang bakteri. Tetapi, tidak boleh bersihkan area dalamnya saja. Bersihkan juga area luarnya, khususnya area kondensor sebelah belakang. Lantaran area ini amat mudah tertutup debu.

  1. Matikan Saat Tak Dipergunakan

Saat anda dan keluarga memiliki rencana liburan dalam waktu yang lama, tidak boleh abai untuk mematikan kulkas. Dengan mematikan kulkas memberinya peluang untuk istirahat sehabis dipergunakan sepanjang 24 jam tiap-tiap hari. Walaupun begitu, tidak boleh abai bersihkan makanan yang terdapat dalam kulkas sebelum mematikannya. Pisahkan seluruh makanan yang memiliki potensi basi dan mengakibatkan bau.

Yup, itulah 7 panduan penggunaan kulkas irit listrik. Simpel sekali kan? Disamping mengirit energi, beberapa panduan itu pun menjadikan lemari pendingin lebih awet.