Menikmati Hangatnya Kue Neraka di Koto Baru yang Mantap di Lidah

Negara Indonesia yang mempunyai kira-kira 17 ribuan pulau ini pula amat populer dengan macam kulinernya yang spesifik tak terkecuali makanannya dari setiap wilayah.

Salah satu makanan khas yang diberi nama Kue Neraka bisa kita temui di Sumatera Barat, Padang, kira-kira 10 kilometer sebelum Bukittinggi. Penasaran kan seperti apakah Kue Neraka tersebut?

Di suatu kedai kecil yang yang memiliki nama Bika Talago yang terletak di Koto Baru inilah Kue Neraka dihasilkan. Kenapa kue bika ini dinamakan kue neraka? Ya, kayaknya lantaran proses produksinya yang amat panas seperti di neraka.

Penjual atau pedagang menuangkan adonan bika yang terdiri dari tepung beras, kelapa parut, dan gula ke dalam wadah yang dibuat dari tembikar dan terbakar di atas bara api dari kayu. Lantaran terbakar di atas dan pula di bawahnya dengan tungku pembakaran konvensional inilah yang barangkali jadi penyebab mengapa bika ini dinamakan dengan istilah Kue Neraka.

Oh ya, tiap-tiap pembeli yang berkunjung pun diperbolehkan menyaksikan secara langsung proses produksi Kue Neraka ini di dapurnya yang panasnya cukup menghangatkan badan di kedinginan Koto Baru.

Bika ini dipasarkan dengan harga terjangkau dan Anda dapat memilih 2 macam rasa yang ada, yakni original dan pisang. Barangkali jika di wilayah Jawa, rasa kue ini serupa dengan Wingko Babat. Ataupun jika di Jakarta, serupa dengan Kue Rangi.

Sebab proses produksi kue ini lumayan tidak sebentar dan cukup mengantri, maka sembari menanti pesanan kita usai, kita dapat berjalan di sekeliling kedai guna memandang gunung merapi yang nampak jelas di belakang kedai sekalian difoto bareng di sana sebab letak kedai pas ada di bawah kaki gunung itu.

Yup, sembari merasakan udara yang lumayan dingin di kaki gunung merapi, memang amat pas dikerjakan sembari memakan kue neraka yang hangat dan mantul di lidah ditambah dengan kehadiran teh yang hangat juga.

Apakah Anda mempunyai planning buat liburan ke Padang? Bila benar, tidak boleh lewati buat melakukan wisata kuliner ke kedai Bika Talago Koto Baru untuk menikmati sensasi kehangatan dan keenakan makanan khas ini di tiap-tiap gigitannya.