Hati-hati Pemakaian Kipas Angin Waktu Tidur!

Apakah anda kerap memakai kipas angin? Apakah anda pun memakainya waktu tidur? Walaupun kipas angin ampuh dipakai untuk mengusir udara panas, tetapi alat elektronik ini tetap mesti dipakai secara hati-hati ya.

Di waktu musim kemarau ini, kita tentu memerlukan AC ataupun kipas angin untuk mengurangi hawa panas. Tidak jarang hawa panas tetap kita rasakan pada malam hari. Hawa panas pastinya bakal menjadikan kita tidak nyaman buat istirahat. Maka, alat bantu seperti AC ataupun kipas angin menjadi andalan kita.

Tetapi, pergunakan kipas angin secara bijak dan hati-hati ya. Karena, kipas angin dapat menimbulkan masalah kesehatan bila kotor ataupun ditempatkan terlampau dekat dengan tubuh.

Bila kita mencari tahu lebih jauh, Michael Benninger dari Head and Neck Institute di Cleveland Clinic, Ohio mengatakan tidak hanya dapat menunjang menyejukkan udara, nyatanya kipas angin pun mengeluarkan suara dengan frekuensi yang bisa menunjang orang tertidur.

Namun, bila terlampau kerap terbangun dengan keadaan nyeri otot, maka hendaknya jauhkan kipas dari letak tubuh saat tidur. Menurut Sleep Advisor, kekakuan dan sakit otot dapat berlangsung lantaran konsentrasi udara dingin pada area badan khusus mengakibatkan otot jadi tegang dan kram.

Otot tegang dan kram biasa terjadi untuk orang yang tidur dengan kipas di dekat muka dan leher. Jika bangun dengan leher kaku pada pagi hari, masalah itu dapat saja disebabkan angin yang terus menerus.

Tidak hanya itu, orang yang kulitnya condong kering pun dapat kian kering bila terus menerus mendapat semburan udara. Untuk kulit kering dapat ditangani dengan memakai pelembab ataupun losion.

Tidak boleh lupa untuk teratur dan kerap membersihkan kipas angin supaya kesehatan tubuh tetap terawat. Kipas yang kotor dapat menjadi tak cuma dipadati debu tetapi pula tungau.

Tungau adalah segerombol binatang kecil berkaki 8 yang bersama-sama dengan caplak menjadi anggota superordo Acarina. Tungau ialah pencetus alergi yang sangat biasa. Oleh lantaran itu, amat dianjurkan untuk selamanya membersihkan kipas, karpet, dan tempat tidur.

Terdapat cara lain untuk mengurangi panas, khususnya pada malam hari. Anda dapat memakai baju yang lebih tipis, mempertahankan tubuh tetap terhidrasi, dan mandi sebelum tidur.