Kolam Air Soda Tarutung, Sensasi Keajaiban Dunia di Tapanuli Utara

Air soda. Mendengarkan nama itu, apakah yang terdapat di pikiran anda? Pastinya soft drink mengandung soda yang dapat menghilangkan haus, bukan? Tetapi nyatanya, di Sumatera Utara air soda bahkan digunakan buat mandi! Apakah tak lengket?

Tentunya tidak! Ini yang dinamakan keajaiban dunia. Tepat terletak di Tarutung dengan jarak kira-kira 284 kilometer dari Kota Medan, terdapat suatu kolam pemandian yang airnya terkesan ganjil sekali. Tak sebagaimana air pada biasanya yang bening, air di kolam ini mempunyai butiran-butiran buih mirip soda!

Anda tengah ada di Tapanuli Utara? Jangan lewati berendam di pemandian air soda. Ya air soda, kolam pemandian yang cuma ada 2 di dunia ini banyak didatangi oleh turis domestik atau negara asing. Air soda ini timbul sebagai sumber alami yang mempunyai keistimewaan khusus lantaran tak cuma berbuih, tetapi mempunyai rasa dan aroma yang serupa dengan soda.

Anda mesti mencoba sensasi dari berendam di kolam air soda ini. Tak seperti kolam kebanyakan, di kolam ini bila anda mulai menyeburkan diri maka akan muncul gelembung-gelembung yang mengitari badan anda. Disamping sensasi itu anda pun akan memperoleh manfaat sebagaimana yang diungkapkan oleh Minar Shite, penemu Kolam Pemandian Air Soda Aek Rara yang sudah melaksanakan uji lab, bila anda berendam maka air itu bisa jadi obat mata dan gatal-gatal, sebaliknya bila wisatawan meminumnya maka bisa jadi obat rematik, pengapuran dan asam urat.

Walaupun secara umum diketahui dengan nama Pemandian Air Soda Tarutung, warga sekeliling yang sebagian besar bersuku Batak Toba menamai objek wisata ini Aek Rara. Dalam Bahasa Batak, Aek sama artinya dengan air dan Rara sama artinya dengan merah. Bukan tanpa alasan orang-orang memberi nama demikian, sebaliknya lantaran air soda ini mempunyai warna yang agak kemerahan.

Waktu berenang di Kolam Air Soda Tarutung ini, anda dapat merasakan panorama yang amat asri. Dikelilingi sawah yang membentang luas, waktu padi mulai menghijau, pemandangan di kolam soda ini amat menawan. Wajar saja pengelolanya senantiasa menegaskan wisatawan supaya memelihara kebersihan sehingga kelestarian tempat wisata di Tarutung ini tetap terpelihara!

Alhasil, tak ada salahnya untuk datang dan menjajal pemandian yang telah disandingkan dengan pemandian yang terdapat di Venezuela ini.