4 Makanan Khas Sumba yang Menggoda Lidah

Bukan hanya banyak memiliki tempat tujuan wisata yang menawan. Sumba pun mempunyai makanan khas yang harus anda cicipi jika anda main ke sana.

Tidak kalah dari daerah-daerah lain di Indonesia, Sumba mempunyai makanan warisan leluhur yang sanggup bertahan sampai saat ini. Yup, berikut ini 4 makanan khas Sumba yang mesti anda cicipi.

  1. Rumpu Rampe

Jika kebanyakan bagian dari tumbuhan pepaya yang dibuat jadi buatan makanan ialah daun dan buahnya. Kali ini bunga daun pepaya dapat dibuat jadi makanan khas oleh orang-orang Sumba. Namanya Rumpu Rampe. Masakan bunga pepaya ini dibuat dengan cara ditumis bareng daun singkong, daun pepaya, dan jantung pisang. Orang-orang Sumba umumnya mengolah Rumpu Rampe dengan membubuhkan ikan teri asin sebagai tambahan. Perpaduan rasa asin, pahit, dan gurih ini akan meningkatkan nafsu makan anda tentunya. Pas untuk makan siang.

  1. Kaparak

Anda pernah dengar makanan Sagon Bubuk khas Betawi? Yup nyatanya orang-orang Sumba pun mempunyai nih makanan khas yang kira-kira serupa dengan itu. Namanya Kaparak. Perbedaannya, Kaparak ini dibuat dari dari jagung yang ditumbuk lalu disangrai. Tetapi anda dapat pula membuat Kaparak dengan beras dan sagu. Jagung yang sudah ditumbuk itu disangrai dengan kacang yang telah ditumbuk, kelapa dan gula pasir. Walaupun pengolahannya sederhana, Kaparak ini menjadi salah sebuah kuliner yang lezat di Sumba. Jangan lupa cobain ya.

  1. Kapu Pantunnu

Bukan hanya Rumpu Rampe yang salah sebuah bahan olahannya ialah jantung pisang. Ka’pu Pantunnu juga lho. Perbedaannya, jantung pisang di Ka’pu Pantunnu ini dibuat jadi bahan pokoknya. Jika anda ke sana dan ingin mencoba belajar membuat Ka’pu Pantunnu, anda mesti memakai jantung pisang yang bagian dalam ya, lantaran teksturnya lebih lunak. Sebelum dibuat, jantung pisang ini dibakar terlebih dahulu, baru lalu diiris kecil-kecil. Rasanya yang nikmat amat tepat untuk teman makan nasi. Terlebih di dalam olahannya dicampur parutan kelapa panggang dan potongan daun kemangi. Amat nikmat pokoknya.

  1. Manggulu

Kata siapa jika yang mempunyai dodol itu Garut doang? Sumba Timur pun mempunyai, lho. Namanya Manggulu. Dodol khas Sumba Timur ini yang menggunakan bahan pokok pisang dan kacang yang dibungkus dengan daun pisang. Rasanya agak manis walaupun tak diberikan gula pada waktu proses produksinya. Meski olahan prinsipnya amat sederhana dan gampang diperoleh, proses produksinya cukup menghabiskan waktu, lho. Pisang kepok yang dibuat jadi bahan baku mesti dikeringkan terlebih dulu baru berikutnya disangrai dengan kacang yang telah ditumbuk. Sebagai keterangan, Manggulu ini telah kian jarang dibuat di Sumba lantaran telah tergeser dengan makanan yang lebih praktis. Alhasil jika anda ke Sumba, jangan lupa beli Manggulu ya untuk buah tangan, sekalian bikin promosi ke teman-teman.