6 Jenis Buah yang Dapat Langsung Dikonsumsi Tanpa Mesti Mengupasnya Terlebih Dulu

Mayoritas orang saat akan makan buah, kulitnya akan dikupas terlebih dulu. Sementara itu, bagian kulit buah-buahan memiliki kandungan banyak nutrisi, seperti vitamin, serat, dan antioksidan.

Berikut ini jenis buah-buahan yang sebaiknya tidak dikupas sebab mempunyai tinggi vitamin.

  1. Beri, Ceri, dan Anggur

Ketiga jenis buah-buahan ini dapat langsung dikonsumsi tanpa mesti mengupasnya terlebih dulu. Disamping susah untuk mengupasnya, area kulit dari buah-buahan itu pun banyak mengandung antioksidan dan nutrisi. Bahkan, kulit dari buah anggur adalah area buah yang memiliki kandungan tingkatan antioksidan sangat tinggi dibanding dengan buah yang lain.

  1. Apel

Mengkonsumsi buah apel dengan kulitnya memang rasanya aneh untuk beberapa orang. Tetapi nyatanya, kulit apel memang tak usah dikupas karena di dalamnya tersimpan senyawa pektin yang efektif untuk mengurangi kolesterol dan gula darah.

  1. Peach, Pir, dan Plum

Tidak cuma bagian dagingnya saja, nyatanya kulit dari ketiga buah itu banyak mengandung antioksidan, nutrisi, dan serat. Suatu penelitian yang dikerjakan oleh Departement of Nutrition, Institude of Hygiene And Environmental Medicine, Tianjin pada tahun 2003 mendapatkan bahwa mengupas kulit peach malah akan kurangi kandungan antioksidan sebanyak 13-48 persen. Tetapi, sebelum disantap alangkah lebih baik untuk dicuci bersih, ya.

  1. Kiwi

Barangkali terdengar aneh, tetapi kiwi termasuk ke dalam daftar buah yang tak usah dikupas kulitnya sebab memiliki kandungan banyak vitamin C dan dengan mengonsumsinya akan meningkatkan 3 kali lipat jumlah serat.

  1. Tomat

Kulit tomat memiliki kandungan konsentrasi flavonoid tinggi yang bisa menekan peradangan dan menjaga badan dari bermacam penyakit. Disamping itu, riset yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal Cancer Prevention di tahun 2017 pun membuktikan kalau, mengonsumsi tomat dengan kulitnya bisa menambah kesiapan makanan nutrisi badan.

  1. Jeruk

Jeruk dan buah jeruk yang lainnya bukan cuma menyajikan makanan antioksidan paling baik, namun kulit dari buah-buahan ini pun adalah salah satu bagian buah yang dapat dikonsumsi. Tidak usah dikonsumsi langsung, cukup seduh dengan teh ataupun air hangat.

Demikianlah berbagai macam buah-buahan yang nyatanya lebih menyehatkan dan mempunyai vitamin tinggi saat dikonsumsi dengan kulitnya. Yup, supaya lebih aman, anda mesti mencuci buahnya terlebih dulu sampai betul-betul bersih.