5 Buah Pengendali Kolesterol, Wajib Dimakan Pecinta Makanan Berkolesterol Tinggi

Ketika menikmati liburan panjang, terlebih liburan Hari Raya ini memang menu makanan tidak sedikit yang menggoda. Terlebih sesudah satu bulan melakukan diet, rasanya makanan dan kue yang dihidangkan demikian lezat. Jika telah seperti ini, rasanya lupa dengan kolesterol.

Umumnya acara Hari Raya dibekali dengan beragam makanan lezat dengan lemak tinggi dan kuah bersantan yang menjadi sumber dari kolesterol.

Meski sajian Hari Raya cuma setahun sekali, tetap mesti waspada dan melindungi kesehatan lho ya. Jika tak dilindungi, amat memungkinkan kandungan kolesterol dalam badan tidak terkontrol dan penyakit menghinggapi anda. Duh, tak ingin kan bila sesudah merayakan Hari Raya lalu sakit lantaran kolesterol yang tak terkontrol.

Perlu diingat, kolesterol bisa menimbulkan plak pada dinding arteri anda dan bisa saja menutup sirkulasi darah. Sehingga, penyakit stroke juga dapat mengincar anda kapan saja.

Tetapi, tenang saja ya. Tak usah kuatir, anda bisa tetap mempertahankan pola makan seimbang. Supaya kolesterol anda aman, anda amat bisa mengganti berbagai makanan berlemak yang anda santap di Hari Raya dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Yup, berikut ini 5 buah yang wajib anda makan setelah berpesta dengan makanan berkolesterol tinggi.

  1. Pepaya

Buah ini gampang diperoleh kok, murah lagi. Buah yang kaya dengan serat ini dapat mendukung anda mengendalikan tekanan darah dan mengatur taraf kolesterol. Serat yang terdapat dalam pepaya pun dapat melancarkan pencernaan, jadi anda tak usah cemas konstipasi.

  1. Tomat

Tomat pun adalah buah yang gampang diperoleh. Buah ini memiliki kandungan bermacam vitamin yaitu vitamin A, B, C, dan K. Tomat mempunyai khasiat bagus untuk kesehatan mata, kulit, dan jantung. Tomat memiliki kandungan potasium yang dapat mengurangi kolesterol, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan resiko stroke.

  1. Jeruk

Wah, jeruk nyatanya dapat mengurangi kolesterol. Citrus yang terdapat pada jeruk, memiliki kandungan hesperidin, zat yang bisa kurangi gejala hipertensi. Disamping itu, kandungan serat pektin dan limonoid di dalamnya dapat menghindari pembekuan arteri dan bisa mengompensasi makanan berkolesterol anda.

  1. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang amat dianjurkan untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Alpukat pun dapat jadi sumber antioksidan seperti vitamin B5, B6, C, K, dan lemak tidak jenuh. Oleh sebab itu, alpukat dapat melindungi jantung anda tetap sehat dan menurunkan resiko stroke.

Makanan berkolesterol pun bisa dikontrol dengan apel. Apel yang memiliki kandungan serat pektin dan antioksidan polyphenol dapat mengurangi kolesterol dan melambatkan oksidasi. Disamping itu, polyphenol pun dapat menghindari radikal bebas mengganggu pembuluh darah.

Jadi, tidak boleh cemas lagi ya. Beli saja buah-buahan di atas untuk menunjang anda melindungi kesehatan sesudah mengkonsumsi makanan berkolesterol. Moga-moga berguna ya.