5 Makanan yang Dapat Menunjang Melindungi Kesehatan Mata

Melindungi kesehatan mata merupakan hal yang jangan dilupakan. Kesehatan mata amat dipengaruhi oleh pola konsumsi anda. Untuk tingkatkan peredaran darah mata, anda mesti mengonsumsi makanan yang dapat menunjang melindungi kesehatan mata seperti makanan yang rendah lemak trans dan lemak jenuh.

Makanan yang tinggi antioksidan pun dapat menunjang menghindari ARMD (Age Related Macular Degeneratio), yang menjadi penyebab penting kebutaan pada masyarakat berumur tua, tidak hanya katarak dan kendala penglihatan yang lain.

Sebuah penelitian memperlihatkan bila orang yang mengonsumsi antioksidan, vitamin C, beta karoten, dan vitamin E, mempunyai risiko 25 persen lebih rendah untuk terserang ARMD. Jadi mulai saat ini pilihlah makanan yang dapat menunjang melindungi kesehatan mata anda. Berikut macam-macam makanannya.

Telur

Telur kaya akan zat gizi yang dapat menunjang melindungi kesehatan mata. Dalam telur, ada lutein, zeaxanthin, vitamin A, dan seng. Vitamin A dan lutein bisa menjaga mata Anda dari kehilangan penglihatan pada malam hari dan dari kekeringan terhadap mata. Seng, zeaxanthin, dan lutein bisa menambah kesehatan mata dengan cara menurunkan resiko terjadinya degenerasi makula.

Tomat

Tomat pun menjadi makanan yang dapat menambah kesehatan mata Anda. Tomat banyak mengandung karoten, seperti likopen yang menyajikan warna merah terang. Menurut riset, likopen di dalam jaringan okular menunjang melindungi kesehatan mata, terutama retina dan area di sekitarnya. Tomat pun menjadi sumber vitamin C yang amat baik, yang pula bermanfaat untuk daya pengelihatan. Tomat segar dengan minyak zaitun di dalam salad bisa menunjang tingkatkan penyerapan likopen di dalam badan.

Gandum

Gandum ataupun biji-bijian utuh seperti pasta gandum, roti gandum, quinoa, oat dan beras merah pun bisa menambah kesehatan mata sebab mereka memiliki kandungan niasin (vitamin B3), seng, dan vitamin E. Makanan yang memiliki kandungan indeks glikemik rendah ini bisa menunjang menurunkan resiko degenerasi makula yang diakibatkan oleh aspek umur. Tidak hanya itu, minyak gandum pun memiliki kandungan vitamin E.

Ikan

Ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 pun berguna untuk tingkatkan kesehatan mata. Asam lemak omega-3 bisa menunjang menjaga mata dari kekeringan, menghindari degenerasi makula, dan pula katarak. Tidak hanya itu, bukti pun memperlihatkan kalau asam lemak omega-3 bersifat antiperadangan yang bisa menurunkan resiko mengalami degenerasi makula.

Ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 ialah salmon, tuna, sarden, dan makerel. Bila Anda tak senang dengan ikan ataupun tak dapat mengkonsumsi makanan laut, asam lemak omega-3 ini dapat Anda miliki dari suplemen minyak ikan ataupun pelengkap yang memiliki kandungan minyak nabati, seperti minyak biji kismis hitam ataupun minyak biji rami.

Kale dan Bayam

Bayam, kale dan sayuran hijau yang lain yang memiliki kandungan 2 jenis antioksidan utama yakni zeaxanthin dan lutein.. Zeaxanthine dan lutein meresap sinar biru yang membahayakan untuk retina. Keduanya tak cuma memulihkan penglihatan anda, tetapi pula merawat kesehatannya dalam jangka panjang. Kombinasikan dengan sayuran hijau dan minyak zaitun untuk penyerapan yang lebih bagus sebab zeaxanthin dan lutein larut dalam lemak.

Mari, jaga kesehatan mata kita dengan mengonsumsi 5 makanan di atas secara teratur, ya.