7 Manfaat Biji Wijen Hitam Bagi Kesehatan, Selain Sebagai Taburan Makanan

Biji wijen hitam menjadi salah satu biji-bijian yang sering kita jumpai dan umumnya dipakai sebagai taburan penganan. Biji wijen mempunyai 2 jenis yang berlainan, ada yang hitam pula ada yang putih. Untuk yang hitam, nyatanya kaya akan khasiat.

Sebagian di antaranya dapat untuk kesehatan rambut dan tubuh. Berikut ini tujuh manfaat biji wijen hitam bagi kesehatan.

  1. Melindungi Kesehatan Kulit dan Rambut

Biji wijen hitam dikenal mempunyai kandungan mineral zinc yang utama untuk pembuatan kolagen kulit. Saat kolagen teregenerasi dengan bagus, maka jaringan kulit dan rambut dapat lebih terpelihara.

Tak cuma itu saja, nyatanya minyak biji wijen diyakini sanggup mengecilkan pori-pori dan mempertahankan kekencangan kulit. Nah, untuk anda yang mempunyai minyak berlebih pada wajah, mengoleskan minyak wijen bisa menunjang menanggulanginya, loh.

  1. Mengurangi Kandungan Kolesterol

Biji wijen hitam pun memiliki kandungan 41 persen lemak tidak jenuh ganda dan 39 persen lemak tidak jenuh tunggal. Mengkonsumsi lebih banyak lemak tidak jenuh ganda dan lemak tidak jenuh tunggal, bisa menunjang turunkan kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung. Mengkonsumsi kira-kira 1,5 ons biji wijen selama 60 hari bisa mengurangi kandungan kolesterol tinggi.

  1. Menurunkan Resiko DM (Diabetes Mellitus)

Untuk pengidap diabetes mellitus, hendaknya konsumsilah sedikitnya 2 gr biji wijen hitam setiap hari. Dengan demikian, gula darah akan menurun lebih mudah. Hal ini diakibatkan lantaran tingginya kandungan magnesium pada biji wijen.

  1. Melindungi Kesehatan Tulang

Guna melindungi kesehatan tulang, badan kita memerlukan asupan santapan yang banyak mengandung kalsium. Salah satu santapan yang banyak mengandung kalsium ialah biji wijen hitam. Dengan mengkonsumsi biji wijen secara teratur, akan amat bagus untuk kesehatan tulang.

  1. Mengurangi Tekanan Darah

Wijen banyak mengandung magnesium yang bisa menunjang menghindari tekanan darah tinggi ataupun hipertensi. Tidak hanya itu, antioksidan dan vitamin E dalam wijen pun bisa menunjang menghindari penimbunan plak di arteri sehingga tekanan darah akan terpelihara.

  1. Menambah Sistem Kebal

Biji wijen hitam memiliki kandungan zinc yang sanggup menumbuhkan dan membangkitkan sel darah putih khusus yang berperan buat menyerang mikroba penyebab penyakit. Tidak hanya zinc, biji wijen pun menjadi sumber nutrisi utama lain yang berperan melindungi sistem imunitas tubuh, seperti vitamin B6, vitamin E, zat besi,  dan selenium.

  1. Sebagai Menu Diet

Biji wijen hitam diyakini bisa menunjang mengurangi berat tubuh. Ini disebabkan kandungannya yang cukup lengkap seperti fosfor, serat, magnesium, lemak baik, zat besi, kalsium, dan asam lemak omega-6. Jadi, anda dapat membubuhkan taburan biji wijen dalam menu diet setiap hari, ataupun membikinnya jadi salah satu alternative cemilan biji-bijian.