6 Jenis Obat Herbal yang Disebutkan di dalam Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah sebuah petunjuk atau pedoman hidup manusia hingga hari kiamat nanti. Al-Qur’an berisikan mengenai berbagai masalah, mulai dari permasalahan ibadah, amaliyah manusia, hari akhir, kisah umat terdahulu, sejarah, sampai ilmu pengetahuan. Namun, bukan cuma itu saja, di dalamnya ada banyak sekali hadist tentang tanaman obat herbal yang aman buat disantap. Sebagian di antaranya barangkali telah tak aneh untuk kita.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 6 jenis obat herbal yang sudah dirangkum dari beragam sumber. Pastikan anda menyimak dengan bagus, ya.

Kurma

Kita barangkali telah tidak aneh lagi dengan buah ini sebab tiap-tiap bulan Ramadhan datang, kurma gampang banget untuk kita peroleh. Kurma merupakan salah sebuah cemilan kesukaan Rasulullah. Ulasan tentang kurma, ada di dalam salah sebuah ayat Al-Qu’ran, tepatnya pada QS Maryam ayat 25-26 dan hidits riwayat Ahmad dan Tirmidzi. Tak cuma semata-mata lezat, kurma mempunyai manfaat yang melimpah, bagus ketika dijadikan santapan ataupun obat.

Jahe

Jahe merupakan tanaman rimpang yang mempunyai rasa hangat dan menyimpan khasiat luar biasa. Nyatanya tanaman yang sering dibikin sebagai bahan jamu ini, pun tertulis di dalam Al-Qur’an, yakni QS. Al Insan: 17 sebagai obat herbal.

Madu

Banyak sekali ayat yang mengulas tentang manfaat madu buat kesehatan. Seperti yang tertulis di dalam Al-Qur’an surat An Nahl ayat 68-69 dan Al-Qur’an surat Muhammad ayat 15. Sama halnya seperti kurma, tanaman obat herbal ini pun mempunyai banyak khasiat kesehatan, mulai dari untuk menyembuhkan penyakit ringan sampai berat sekalipun.

Habbatussauda (Jintan Hitam)

Habbatussauda atau lebih terkenal dengan julukan jintan hitam adalah salah sebuah obat herbal yang mempunyai manfaat luar biasa, antara lain bisa memperkuat sistem imunitas tubuh, menetralkan toksin, sampai jadi obat stress. Nyatanya, kelebihan dari habbatussauda ini telah tertulis di dalam salah sebuah hadits, yakni HR Bukhori dan Muslim.

Lidah Buaya

Sepanjang ini tanaman lidah buaya diketahui lantaran fungsinya bagi kecantikan, tetapi itu cuma sebuah dari demikian banyak khasiat yang dikandung tanaman obat herbal yang satu ini. Malahan, telah banyak riset yang meyakinkan betapa banyaknya khasiat yang terdapat pada lidah buaya. Saran pemakaian lidah buaya salah satunya ada dalam hadis Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Muslim dari Utsman bin Affan.

Buah Delima

Buah delima umumnya disantap jadi jus atau kombinasi santapan yang lain. Buah yang identik dengan warna merah ini mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya itu, keberadaannya juga sudah tertuliskan di dalam Al-Qur’an Surat Ar Rahman 68-69.

Itulah keenam jenis obat herbal yang disebutkan di dalam Al-Qur’an. Anda dapat memakainya saat anda memerlukan. Moga-moga penjealasan ini bisa meningkatkan ilmu pengetahuan Anda.